ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK MAKANAN BERBAHAN DASAR HASIL TERNAK DI WILAYAH KOTA LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/jy.v9i1.27Keywords:
Perilaku konsumen, Produk makanan, Hasil ternak, LamonganAbstract
Pengumpulan data penelitian dilakukan pada 27 Juni hingga 26 Juli 2015 di Pasar Sidoharjo, Pasar Made, Alfamidi Veteran, Indomaret Made Fauzi, agen makanan beku, makanan beku Agen Bapak Nur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui produk makanan apa yang dibuat dari ternak yang beredar di kota Lamongan dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli produk pertanian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk makanan berbasis daging ada 69 macam, produk makanan yang terbuat dari telur ada satu spesies, produk makanan berbasis susu ada 130 jenis. Variabel pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk pangan berbasis ternak (Y) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05 (p <0,05), dengan koefisien regresi (bi) sebesar 0,071 hingga 0,000 signifikansi (p <0,05). <0,05), variabel pendapatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian berdasarkan produk makanan ternak (Y) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05 (p <0,05), dengan koefisien regresi (bi) sebesar 0,174 sampai 0,000 signifikansi (p <0,05), variabel sumber daya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian berdasarkan produk pangan ternak (Y) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05 (p <0,05), dengan koefisien regresi (bi ) dari 0,025 hingga 0,000 signifikansi (p <0,05, variabel gaya hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian berdasarkan produk makanan ternak (Y) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05 (p <0,05), dengan koefisien regresi ( bi) dari 0,676 hingga 0,000 significanc e (p <0,05.Downloads
References
Adhiyasa, Idkham. 2012. Kandungan Gizi. http://www.organisasi.org/1970/01/kandungan-gizi.html. Diakses pada tanggal 12 Maret 2015. 20.00 WIB.).
Andini Prisca. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Mobil Hyundai i20. Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Anonim. 2015. Kandungan Gizi. http://Nutritiondata.self.com/facts/dairy-and-egg products/132/2. Diakses pada tanggal 18 Maret 2015. 02 : 33 WIB.
Arifin, Adiyatma. 2012. Pengaruh Periklanan Terhadap Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Di Kota Makassar. Skripsi. Makassar : Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar.
Bakrie, Bachtar, Suwandi, D. Setiabudi dan Sarjoni. 2008. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Produk Peternakan Di Wilayah Perkotaan DKI Jakarta. Jakarta: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta.
Burhanuddin Abdillah. 2011. Analisis Perilaku Konsumen Pada Pembelian Daging Ayam Ras (Broiler Chicken) Di Pasar Traditional dan Pasar Modern Kota Jember. Jember. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Darwanti. 2014. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Membeli Telur Asin “Chozin†Dan “Rahayu†Di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Diakses 7 juni 2015.
Dwiastuti Rini, Agustina Shinta dan Riyanti Isaskar. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang. Universitas Brawijaya Press.
Setiawan, Brian Bayu. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Pembelian Rumah. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro.
Hapsari, Paramita, 2007, Identifikasi Komoditi Pertanian Unggulan di Kabupaten Semarang, Skripsi. Surakarta: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.
Herawati, diah yani, Hari dwi utami, Budi Hartono. 2013. Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Telur Ayam Ras di Kota Mojokerto. Malang : Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya.
Nawawi, Mahardiana. 2013. Pengaruh Faktor Fungsional Dan Faktor Personal Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Ras Petelur Afkir Dipusat Niaga Daya, Kota Makasar. Skripsi. Makassar. Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin.
Nazir Mohammad. 2009. Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.
Ririn Tiyani Dwinta. 2012. Analisis Bauran Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mobil Daihatsu Pada PT. Jujur Jaya Sakti Makassar. Skripsi. Makassar. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.
Sutrisni. 2010. Analisis Pengeruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan. Desain Produk. Harga dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3 Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta. Alfabeta.
Siregar Syofian. 2012. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Sutaryo dan Sri Mulyani. 2004. Pengetahuan Bahan Olahan Hasil Ternak dan Standar Nasional Indonesia. Ungaran. Universitas Diponegoro.
Suharyanto. 2009. Pengolahan Bahan Pangan Hasil Ternak. Bengkulu. Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu