KUALITAS FISIK DAN PALATABILITAS SILASE BATANG PISANG (MUSA PARADISIACA) SEBAGAI PAKAN TERNAK DOMBA EKOR GEMUK

Somad Qo'iyum, Ratna Kumala Dewi, Dyanovita Al Kurnia

Sari


Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei tahun 2018 berlokasi di Desa Pangkaterjo Dusun Tuyuh Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan. Tujuan dari prenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas fisik dan palatabilitas presentasi pemberian pakan silase batang pisang (Musa paradisiaca) sebagai pakan ternak domba ekor gemuk. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan agar digunakan sebagai bahan informasi dan bahan alternatif tentang pemanfaatan limbah pertanian berupa batang pisang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 ekor domba ekor gemuk, batang pisang, dedak padi, pollard, garam, EM4, mollases dan air. Variabel yang di amati kualitas fisik silase batang pisang yang meliputi (tekstur, warna, aroma dan pH) dan palatabilitas pakan per hari dan per minggu. Data yang dihasilkan dari penelitian dianalisis dengan mengunkan analisis statistik RAK (Rancangan Acak Kelompok). Hasil penelitian yang dapat disimpulkanbahwa pengaruh kualitas fisik silase batang pisang sangat baik, sedangkan pengaruh palatabilitas pada ternak domba ekor gemuk tidak berbeda nyata memberikan (Thitung  ≤0,05) berbeda nyata dengan (Thitung ≤0,01), namun untuk penegelompokan yang berdasarkan jenis kelamin menunjukan yang sangat nyata.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hasrida.2011. “Pengaruh Dosis Urea dalam Amoniasi Batang Pisang terhadap Degradasi Bahan Kering, Bahan Orgamnik, dan Protein Kasar secara IN_VITRO”(SkripsiS-1 Jurusan Nutrisi dan MakananTernak, Fakultas Peternakan). Padang: Universitas Andalas.

Hermanto, 2011. Sekilas agribisnis peternakan indonesia. Konsep pengembangan peternakan, menuju perbaikan ekonomi rakyat serta meningkatkan gizi generasi mendatang

Profil dan Potensi Kabupaten Lamongan, 2017

Macaulay, A. 2004. Evaluanting silage quality.

McEllhlary, R. R. 1994. Feed Manufacuring Technology IV. Am. Feed Industry Assoc. Inc.Aruington.

Parakasi, A. 1983. Ilmu Gizi dan Makanan Ternak Monogastrik. Angkasa, Bandung.

Sandi, S., E. B. Laconi, A. Sudarman, K. G. Wirawan dan D. Mangundjaja. 2010 kualitas nutrisi silase berbahan baku singkong yang diberi enzim cairan rumen sapi dan Leuconotoc mesenteroides. Media Peternakan. 33: 25-30.

Siregar, M.E. 1996. Pengawetan Pakan Ternak. PenebarS wadaya. Jakarta.

Yulianto, purnawan dan cahyono saparinto. 2014. Beternak sapi limousin. Penebar swadaya. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30736/ternak.v10i1.38

DOI (PDF): https://doi.org/10.30736/ternak.v10i1.38.g38

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 


Indexed in :