Pengaruh Penambahan Ampas Kecap pada Jerami Fermentasi Terhadap Kualitas Fisik, pH dan Pertambahan Bobot Badan Sapi Brahman Cross (BX)

Finaya Eka Putri Suhudiyah(1*), Edy Susanto(2), Muridi Qomaruddin(3),

(1) Fakultas Peternakan
(2) Fakultas Peternakan
(3) Fakultas Peternakan
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas kecap pada jerami fermentasi terhadap kualitas fisik, pH dan pertambahan bobot badan sapi Brahman Cross(BX). Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 ekor sapi Brahman Cross (BX) dengan bobot awal 200-300 kg/ekor, jerami padi kering dan ampas kecap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 3 perlakuan dan 3 ulangan. Adapun 3 perlakuan tersebut terdiri dari jerami padi tanpa fermentasi, penambahan ampas kecap 5% dan penambahan ampas kecap 10%. Setiap ulangan di isi 2 ekor sapi. Variable yang diamati dalam penelitian ini adalah kualitas fisik, pH dan pertambahan bobot badan sapi Brahman Cross (BX). Data dianalisis dengan metode statistik Rancangan Acak Lengkap. Penimbangan bobot badan dilakukan setiap satu bulan sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ampas kecap pada jerami fermentasi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pertambahan bobot badan sapi Brahman Cross (BX). Akan tetapi pertambahan bobot badan sapi Brahman Cross yang mengkonsumsi pakan jerami fermentasi dengan ampas kecap lebih tinggi dibandingkan dengan control (P0) dengan rata-rata peningkatan 0,25 kg/hari.

Keywords: Ampas kecap, jerami fermentasi, kualitas fisik, pH , Pertambahan Bobot Badan, Sapi Brahman Cross (BX)



DOI: https://doi.org/10.30736/.v7i2.6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 Indexing at :

   
    

 

 

 

Jurnal Ternak : Jurnal Ilmiah Fakultas Peternakan Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

 

 


Editorial Office

Jurnal Ternak : Jurnal Ilmiah Fakultas Peternakan Universitas Islam Lamongan


          Jl. Veteran 53 A Lamongan, Kampus Universitas Islam Lamongan

          ternak@unisla.ac.id / m.fathulamin@unisla.ac.id / dyanovita@unisla.ac.id

          +62857-5552-3443 / +6285852062381